Laman

Jumat, 08 Juni 2012

Patikan Kebo




Patikan kebo yang punya nama latin Euphorbia hirta L. termasuk dalam familia tumbuhan Euphorbiaceae. Herbal ini biasa ditemukan di kebun, pinggir sawah, lapangan bahkan pekarangan rumah. Orang tua jaman dulu menggunakan getah tumbuhan ini untuk mengobati mata yang merah karena penyakit belekan atau glaukoma. Namun, khasiat tumbuhan ini tidak sebatas itu. Patikan kebo mempunyai sifat anti inflamasi (anti radang), diuretic (peluruh kencing) dan anti pruritic (menghilangkan gatal).
Kandungan dan manfaat
Kandungan kimiawi yang sudah diketahui dari Patikan kebo antara lain, taraxerol, friedlin, betha amyrin, betasitosterol, beta eufol, euforbol, triterpenoid, tirukalol, eufosterol, hentriacontane, flavonoid, tanin, elagic acid. Dan berdasarkan catatan hasil penelitian dan pengalaman di berbagai daerah dan negara, tanaman ini dapat mengobati penyakit disentri, melancarkan kencing, mengobati abses paru, bronchitis kronis, abses payudara, typus abdominalis, radang ginjal, radang tenggorokan, astma dan radang kelenjar susu atau payudara bengkak.
  • Anti radang
  • Peluruh air seni
  • Menghilangkan Gatal
  • Radang kelenjar susu/payudara bengkak

Aturan pakai
3 x 1-2 kapsul perhari
Kontra Indikasi: 
Alergi, kadang-kadang terjadi pada pria di atas 50 tahun berupa biduran di lengan dan tubuh. Gejala akan hilang jika obat dihentikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar